Lean Model Canvas Usaha Jasa Pembuatan Website

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi, siang, sore. Tergantung kapan anda membaca blog ini 😃

Disini saya akan menjelaskan tentang Lean Model Canvas, lanjutan dari pembahasan saya yang kemarin (https://kewirausahaanmudaindonesia.blogspot.com/2022/10/analisis-vrio-usaha-pembuatan-website.html) check it out!

Baik mari kita mulai, kita harus tau dulu nih definisi dari Lean Model Canvas. Lean Model Canvas adalah sebuah template yang digunakan oleh para pengusaha atau pebisnis untuk membantu mereka dalam memecahkan ide agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Lean Model Canvas secara umum memiliki komponen sebagai berikut 



Detail:
1. Problem
Setiap segmen pelanggan (Costumer Segments / CS) yang ingin kita tangani akan memiliki serangkaian masalah yang perlu mereka pecahkan. Dalam kotak ini coba daftar satu hingga tiga masalah prioritas tinggi yang dimiliki segmen pelanggan kita. Tanpa masalah untuk dipecahkan, kita tidak memiliki produk / layanan untuk ditawarkan.

2. Solution
Menentukan solusi dari masalah pelanggan kita

3. Key Metrics
Setiap bisnis, apa pun industri atau ukurannya, akan memiliki beberapa metrik utama yang digunakan untuk memantau kinerja. Cara terbaik untuk membantu hal ini adalah dengan memvisualisasikan bagian atas corong yang mengalir dari bagian atas terbuka yang besar, melalui beberapa tahapan ke ujung sempit.

4. Cost Structure
Di sini kita harus membuat daftar semua biaya operasional untuk membawa bisnis ini ke pasar. Berapa biaya untuk membangun / landing page? Berapa tingkat pembakaran – total biaya operasional bulanan? Berapa biaya untuk mewawancarai segmen pelanggan? Berapa biaya makalah riset pasar? dll.

5. Unique Value Proposition
Di tengah kanvas adalah UVP. Proposisi nilai adalah janji nilai yang akan disampaikan. Itu alasan utama prospek harus membeli dari kita.

6. Unfair Advantage
Poin ini yang paling sulit untuk dijawab. Namun, cobalah untuk memikirkan hal ini karena memiliki keuntungan yang tidak adil dapat membantu ketika mencari mitra & investor.

7. Customer Segments
Masalah dan Segmen Pelanggan dapat dilihat sebagai terhubung secara intrinsik – tanpa segmen pelanggan dalam pikiran kita tidak dapat memikirkan masalah mereka, dan sebaliknya.

8. Channels
Saluran adalah cara kita menjangkau segmen pelanggan. Dan ingatlah bahwa pada tahap awal, penting untuk tidak memikirkan skala, tetapi fokus pada pembelajaran.

9. Revenue Streams
Bagaimana kita menentukan harga bisnis akan bergantung pada jenis modelnya. Namun, sangat umum bagi perusahaan rintisan untuk menurunkan biaya, bahkan menawarkannya secara gratis untuk mendapatkan daya tari. Akan tetapi, ini dapat menimbulkan beberapa masalah.
Kunci sebenarnya adalah menunda / menghindari validasi. Mendorong orang untuk mendaftar sesuatu secara gratis jauh berbeda dengan meminta mereka membayar. Ada juga gagasan tentang nilai yang dirasakan

Lean Model Canvas Jasa Pembuatan Website:


Terima kasih sudah membaca blog saya ini, semoga bermanfaat 😇😇😇

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. 💖



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa SWOT Usaha Pembuatan Website