Rencana Keuangan Usaha Jasa Pembuatan Website

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi, siang, sore, malam. Tergantung kapan kalian membaca blog ini 😃

Writer hari ini mau bagi informasi tentang perencanaan keuangan dalam bisnis nih. Dan nantinya juga mau bagiin rencana keuangan di Usaha Jasa Pembuatan Website juga. Yuk, langsung aja kita bahas.


Kita mulai dari pengertiannya dulu ya, apasih Perencanaan Keuangan itu? khususnya dalam ranah bisnis. Perencanaan keuangan atau sering dikenal dengan financial planning merupakan suatu strategi untuk menyusun dana pribadi maupun bisnis dengan implementasi terencana. Hal ini penting untuk dilakukan dan harus dibuat secara jelas konsepnya demi memperoleh tujuan dalam jangka waktu tertentu sebagai langkah pengelolaan keuangan.

Ada juga nih guys, fungsi dari manajemen keuangan, apa aja ya? Writer list di bawah yaa
a. Menciptakan keputusan dan kontrol
Melalui manajemen keuangan yang  baik, bisnis mampu menciptakan keputusan dan mengendalikan keuangannya. Memanfaatkan berbagai teknik seperti financial forecasting, analisis rasio, dan analisis laba rugi, maka merumuskan sebuah keputusan bisa dilakukan dengan lebih efektif sambil melihat dampaknya pada keuangan bisnis.

b. Merencanakan keuangan
Bisnis juga memerlukan fungsi manajemen keuangan ketika ingin melakukan sebuah investasi. Contohnya ketika ingin membuka lokasi baru, membeli peralatan baru, atau meningkatkan kemampuan karyawan. Bisnis perlu mengidentifikasi peluang dan tantangan sebelum memutuskan untuk menginvestasikan sejumlah besar modal. Melalui kegiatan manajemen keuangan, hal ini bisa berjalan lebih efektif dan mudah.

c. Pembagian surplus
Keputusan mengenai laba bersih dari sebuah bisnis diambil oleh manajer keuangan. Mereka menghitung keuntungan pada akhir tahun akuntansi. Selanjutnya mereka harus membuat keputusan penting, apakah dividen harus dibagikan atau disimpan untuk keperluan internal.

d. Pengawasan proses akuisisi dan merger
Bisnis bisa memilih ingin melakukan akuisisi atau merger untuk masuk ke pasar baru ataupun bertahan dalam iklim persaingan yang dihadapi saat ini. Dalam membuat keputusan tersebut, dibutuhkan penilaian finansial yang kompleks. Melalui manajemen keuangan, proses tersebut bisa diawasi dengan ketat.

e. Membantu dalam menghindari penyalahgunaan
Untuk usaha kecil menengah atau usaha baru, audit keuangan atau belum menjadi sebuah kegiatan rutin yang diperlukan. Tapi di saat bisnis sudah berkembang pesat dan besar, audit tentu sangat diperlukan. Melalui fungsi manajemen keuangan yang satu ini, kita dapat mengetahui jika ada kemungkinan penyelewengan dana perusahaan oleh oknum tertentu. Contohnya seperti biaya operasional yang terus membengkak namun tidak menghasilkan sebuah peningkatan. Bisnis bisa mengalami kerugian jika kegiatan seperti ini tidak terdeteksi dengan cepat.

Pengertian lainnya:
1. Modal Awal
Modal awal adalah sejumlah modal dalam bentuk uang yang digunakan dalam memulai suatu bisnis. Modal usaha juga merupakan investasi usaha yang dikeluarkan di awal dan dipakai untuk mengembangkan usaha dalam jangka panjang.

2. Biaya Tetap (fix cost)
Biaya tetap merupakan jenis biaya yang tidak mengalami perubahan atau bersifat statis.

3. Biaya Variabel (variable cost)
Biaya variabel adalah biaya yang berubah secara proporsional dengan aktivitas bisnis.


Modal awal, biaya tetap, dan biaya variabel pada Usaha Jasa Pembuatan Website

Modal awal terdiri dari: (awal usaha masih dengan 1 karyawan)
a. Laptop : Rp5.000.000 x 2 = Rp10.000.000
b. Meja : Rp300.000 x 2 = Rp600.000
c. Kursi : Rp200.000 x 2 = Rp400.000
Total modal awal : Rp11.000.000

Biaya tetap :
a. Gaji karyawan : Rp5.000.000
b. Biaya Internet bulanan : Rp395.000
Total biaya tetap : Rp5.395.000

Biaya variabel:
a. Biaya listrik bulanan : Rp200.000
Total biaya variabel : Rp200.000

Terima kasih sudah membaca blog saya ini, semoga bermanfaat 😇😇😇

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. 💖

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa SWOT Usaha Pembuatan Website